Minggu, 15 Januari 2017

Ciri-Ciri Poster yang Efektif dan Menarik


Ciri-Ciri Poster yang Efektif dan Menarik - Media publikasi untuk menyampaikan informasi bermacam-macam bentuknya, salah satunya yang sangat populer adalah poster. Ketika berjalan-jalan di sudut kota, sobat pasti pernah menjumpai media cetak yang tertempel di tembok-tembok gedung. Atau misalnya di dalam gedung, sobat juga mungkin melihat media seperti itu dengan tema dan pesan yang bervariasi.
Media cetak itu mempunyai ukuran yang relatif besar dengan gambar atau teks yang menarik perhatian. Itulah poster, yang bisa kita jumpai di hampir di setiap tempat baik di luar atau di dalam gedung.

Poster yang baik dan menarik tentu dapat memikat para pembaca dan informasi yang disampaikan pun dapat dicerna lebih baik. Agar efektif, maka poster perlu dirancang dengan seksama oleh perancang grafis dengan mempertimbangkan beberapa hal. Berikut ini merupakan ciri-ciri poster yang efektif, baik, dan menarik.

1) Ciri-Ciri Poster - Dipasang di tempat-tempat umum

 

Media poster umumnya sering kita jumpai di tempat-tempat umum yang banyak dilewati atau dikunjungi orang, misalnya di tempat perempatan jalan. Contoh lain, misalnya di bank, pusat perbelanjaan atau mall, toko fashion, restoran, rumah sakit, stasiun, terminal, dan sebagainya. Poster diletakkan di tempat umum agar mudah diketahui dan dibaca informasinya oleh setiap khalayak yang mengunjungi tempat tersebut.

2)Ciri-Ciri Poster - Ukuran media relatif besar

 
Ciri khusus poster yang membedakan dari media publikasi yang lain yaitu ukuran media yang relatif besar. Misalnya, poster dicetak di kertas ukuran A3 atau yang lebih besar. Dengan ukuran media yang besar, poster lebih mudah dikenali dan teks atau gambar lebih gampang terbaca. Tujuannya, yaitu untuk menarik perhatian karena poster diletakkan di tempat-tempat umum. Dan, ketika berada di tempat umum, orang yang biasanya hanya memperhatikan sambil lalu akan tertarik untuk melihat poster yang berukuran besar.

3.Ciri-Ciri Poster - Menonjolkan teks atau gambar

 Salah satu elemen desain yang sering ditonjolkan dalam poster adalah ilustrasi atau gambar yang menarik. Gambar tersebut berfungsi sebagai eye catcher yang mampu menyedot perhatian khalayak. Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah gambar itu harus sesuai dengan konsep dan tema yang sedang diangkat.

Selain gambar yang tepat, poster yang baik juga menampilkan tulisan atau huruf yang biasanya berukuran besar. Huruf yang besar itu terutama digunakan pada headline atau judul poster untuk menonjolkan pesan utama. Sebagian besar, orang melihat poster hanyalah sekilas, untuk itu judul poster dengan ukuran huruf yang besar dapat menarik perhatian. Ketika orang tertarik melihat judul poster, maka mereka dapat diarahkan pada pesan-pesan pendukung lainnya.

4.Ciri-Ciri Poster - Memperhatikan elemen dan prinsip desain

 

Supaya menarik, poster didesain sedemikian rupa dengan memperhatikan elemen-elemen dan prinsip-prinsip desain. Tujuannya, selain poster bisa menarik perhatian dan pesan yang disampaikan dapat tercapai, poster juga mempunyai nilai estetika yang dapat diapresiasi oleh siapapun. Prinsip-prinsip desain itu perlu diterapkan dalam desain poster agar pesan dapat tersampaikan dengan baik sesuai tujuan sang perancang.

Sekarang mari kita simak desain poster di atas. Poster itu menonjolkan gambar dua ikan paus yang berada di tengah lingkaran sebagai ilustrasi utama yang terlihat kontras dan menonjol dibanding ilustrasi lain di sekelilingya. Selain itu, teks yang diblok dengan kotak berwarna merah juga tampak kontras dan menjadi pendukung ilustrasi yang melengkapi pesan poster.

5) Ciri-Ciri Poster - Memiliki tema dan konsep

 

Poster merupakan salah satu media penyampai pesan yang harus memiliki tema dan konsep yang jelas. Ketika orang berada di tempat umum, maka mereka cenderung mengabaikan pesan-pesan yang tidak atau kurang penting. Maka dari itu, poster harus menampilkan tema yang menarik bagi khalayak. Misalnya, poster kegiatan seperti konser musik tentu akan sangat menarik bagi mereka yang menyukai musik.

Selain itu, poster dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan sosial yang penting diketahui oleh masyakarat luas. Contohnya, adalah poster di atas yang menyampaikan pesan tentang kekerasan yang terjadi terhadap perempuan yang sering terjadi dalam rumah tangga. Melalui poster tersebut, khayalak disadarkan akan pentingya mencegah kekerasan terhadap kaum perempuan.

6) Ciri-Ciri Poster - Singkat dan padat

 

Supaya efektif, maka pesan yang ditampilkan pada poster haruslah singkat dan padat. Artinya, poster tidak perlu memuat elemen-elemen atau pesan yang tidak penting. Kecenderungan orang untuk mengabaikan poster sangat besar apabila poster itu terlalu ramai dengan pesan sehingga yang terjadi malah mengganggu penglihatan. Untuk itu, poster yang baik hanya menonjolkan satu pesan utama yang menjadi perhatian khalayak. Tujuannya, agar pesan yang hendak disampaikan dapat lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar